JudulImplementasi Pembelajaran Geografi Oleh Guru Dalam Membentuk Karakter Berwawasan Lingkungan Di SMAN 1 Pasangkayu |
Nama: DELLA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran geografi dalam membentuk karakter berwawasan lingkungan di SMAN 1 Pasangkayu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Pasangkayu sejumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket yang disebar langsung pada siswa, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran geografi didalam kelas memiliki jumlah total semua indikator yaitu 17 dan interval penelitian masuk dalam kategori (cukup). Serta karakter berwawasan lingkungan dari keempat indikator: (1) Menggunakan sumber daya secara hemat dan melakukan konservasi, (2) Menggunakan Kembali dan mendaur ulang bahan-bahan bekar pakai, (3) Memanfaatkan sumber daya yang dapat diperbaharui, (4) Mengendalikan kepadatan penduduk, memiliki jumlah total presentase sebesar 67,24% secara keseluruhan masuk dalam kategori (baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran geografi berbasis ekologis dalam membentuk karakter berwawasan lingkungan di SMAN 1 Pasangkayu sudah cukup baik. Kata kunci : Pembelajaran Geografi, Karakter, Berwawasan Lingkungan |