JudulPENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MAKET GEMPA BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SINDUE |
Nama: MISA RATUL SYADI'A |
Tahun: 2024 |
Abstrak Misa Ratul Syadi’a, 2024. “Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Maket Gempa Bumi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Sindue”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Khairurraziq, S.Pd.,M.Pd (Pembimbing) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran menggunakan maket gempa bumi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sindue. Penelitian ini menggunakan desain The non equivalent goup pretest-posttets design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 98 orang. Sampel penelitian kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Sampel ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis pada penelitian ini terdapat pengaruh dalam penerapan media pembelajaran menggunakan maket gempa bumi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Untuk menentukan hipotesis menggunakan analisis Paired sample T Test. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikan 0,000 dengan taraf kepercayaan < 0,05. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan hipotesis Ha menerima, yaitu media pembelajaran menggunakan maket gempa bumi berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Maket Gempa Bumi |