JudulPENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI MA AL-KHAIRAAT PUSAT PALU |
Nama: IRSAN JAYA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Irsan Jaya, 2024. “Pengaruh Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Di Ma Al-Khairaat Pusat Palu”. Skripsi (S-1), Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rendra Zainal Maliki, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI di MA Al-Khairaat Pusat Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang berupa, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang diperoleh dari penelitian dianalisa menggunakan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS versi 26 for windows. hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat mencapai rata-rata 88,60 berada pada kategori tinggi dan Hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat mencapai nilai rata-rata 86,95 berada pada kategori tinggi. Nilai yang diperoleh setelah diuji terdapat perbedaan yaitu, postest kelas kontrol 71.54 dan postest kelas eksperimen 85.65 sedangkan nilai signifikan (sig) (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat Pengaruh Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Di Ma Al-Khairaat Pusat Palu. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Geografi |