Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 4 PALU
Nama: RAHAYU LESTARI
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada proses pembelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Palu. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan (Field research) dan sifat penelitian Kualitatif Deskriptif. Pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Hasil penelitian implementasi kurikulum merdeka terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama perencanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi : 1). Menganalisis Capaian Pembelajaran (CP), 2). Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), 3). Perencanaan dan pelaksanaan asesmen diagnostik, 4). Merancang dan mengembangkan Modul Ajar, 5). Penyesuain pembelajaran dengan tahap capaian dan karakter peserta didik, 6). Evaluasi pembelajaran dan asesmen. Tahap kedua Pelaksanaan meliputi proses Pembelajaran berbasis projek di Kegiatan mata pelajaran (Intrakurikuler). Adapun langkah-langkah dalam pelakasanaan adalah Kegiatan projek Pendahuluan, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Penutup menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Tahap ke tiga Evaluasi Proses Pembelajaran meliputi Asesmen Pembelajaran Intrakulikuler. Adapun Asesmen Pembelajaran Intrakulikuler terdiri dari Asesmen Formatif dan Asesmen Sumatif. Sedangkan langkah-langkah dalam melaksanakan evaluasi adalah Strategi Asesmen, Mengelolah Hasil Asesmen dan Menyusun Pelaporan Asesmen. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Implementasi, Mata Pelajaran Geografi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up