Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNIVERSITAS TADULAKO
Nama: HARDIANA
Tahun: 2024
Abstrak
Hardiana, 2024. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Tadulako”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nurvita, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap implementasi merdeka belajar kampus merdeka yang telah diterapkan di program studi Pendidikan Geografi. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi sudah banyak mengetahui kebijakan MBKM secara keseluruhan yaitu sebesar 95%, sebanyak 65% mahasiswa merasakan manfaat mengikuti program MBKM dalam peningkatan soft skill dan hard skill, dampak belajar diluar kampus sebanyak 19% mahasiswa mengatakan peningkatan sangat baik, 73% mahasiswa menyatakan program MBKM sesuai dengan kebutuhan lulusan masa depan dan tetapi dalam pelaksanaan program MBKM masih terdapat kendala yang dirasakan oleh mahasiswa yaitu sebanyak 79% mahasiswa masalah yang dialami dalam kesulitan akses jaringan di daerah penepatan. Kata kunci: Persepsi, Mahasiswa Geografi, MBKM

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up