JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 10 SIGI |
Nama: SARAH PATARA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Sarah Patara, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Iis Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMAN 10 Sigi” Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing Nurvita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 10 Sigi. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design jenis Nonequevalent Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 65 siswa yang terdiri dari kelas X IIS 1 sebanyak 34 orang dan kelas X IIS 2 sebanyak 31 orang. Instrument penelitian berupa tes tulis, tes tulis diperoleh dari pretest dan posttest 17 soal pilihan ganda. Hasil pengujian hipotesis akhir (Uji t) menggunakan aplikasi SPSS menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 69,53 sedangkan pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai yaitu sebesar 81,42 dengan nilai signifikan (sig) (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 10 Sigi. Kata kunci : Experiential Learning, Mata Pelajaran Geografi, Hasil Belajar |