Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Kaili Materi Keragaman Budaya Kelas XI Di Sekolah Menengah Atas
Nama: MOH. GIAT SUPRIANTO
Tahun: 2024
Abstrak
Moh. Giat Suprianto, 2024. Pengembangan Modul ajar Geografi Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Kaili Materi Keragaman Budaya Kelas Xi Di Sekolah Menengah Atas. Program Studi Pendidikan Geografi, jurusan ilmu pengetahuan sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Zumrotin Nisa, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini membahas tentang pengembangan modul ajar geografi berbasis kearifan lokal masyarakat Kaili di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar geografi berbasis kearifan lokal masyarakat Kaili pada materi keragaman budaya kelas XI. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE, penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Analysis, Design, Development karena penelitian ini bertujuan terbatas untuk mengetahui validitas modul. Tahap valdidasi yang dilakukan pada proses pengembangan modul ajar yaitu validasi materi, validasi soal, validasi media dan validasi praktisi. Setelah melakukan proses validasi, modul ajar akan diujikan dengan uji coba kelompok kecil kepada siswa Kelas XI IIS 2 di SMA Negeri 9 Palu untuk melihat tingkat kemenarikan produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang diberikan kepada validator dan siswa. Hasil Validasi ahli materi mendapatkan tingkat pencapaian yaitu 75%, Validasi ahli materi mendapatkan nilai 75%, validasi ahli praktisi mendapatkan nilai 91%, hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 76%. Data hasil uji coba yang diperoleh dari proses validasi dan uji kelompok kecil, modul ajar geografi berbasis kearifan lokal masyarakat Kaili materi keragaman budaya layak untuk digunakan. Kata Kunci : Pengembangan, Modul ajar, Kearifan Lokal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up