Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Metode School Watching Terhadap Sikap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Peserta Didik Di SMAN 9 Kota Palu.
Nama: MUH ALFIANSYAH
Tahun: 2024
Abstrak
Muh Alfiansyah (A 351 19 023), 2024, “Pengaruh Metode School watching Terhadap Sikap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Peserta Didik di SMAN 9 Kota Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Ibu Amalia Novarita, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode school watching terhadap sikap kesiapsiagaan bencana gempa bumi peserta didik di SMAN 9 Kota Palu. Desain penelitian menggunakan quasy experimental pretest-posttest control group design. Besar sampel berjumlah 50 orang untuk kelas eksperimen 25 peserta didik dan 25 peserta didik untuk kelas kontrol. Berdasarkan nilai yang diperoleh setelah uji terdapat perbedaan yaitu, posttest kelas kontrol dengan nilai 56,04 dan posttest kelas eksperimen 83,04. Sedangkan nilai signifikan (sig.) (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh metode school watching terhadap sikap kesiapsiagaan bencana gempa bumi peserta didik di SMAN 9 Kota Palu. Kelebihan metode school watching ialah dapat membantu peserta didik memahami benda-benda dilingkungan sekolah maupun di dalam kelas yang dapat membahayakan Ketika terjadi bencana dan dapat melatih kemampuan peserta didik dalam mempersiapkan diri saat terjadi bencana. Oleh karena itu disarankan kepada guru di SMAN 9 Kota Palu untuk menerapkan metode school watching untuk mengurangi risiko bencana di sekolah. Kata kunci; school watching, kesiapsiagaan bencana, gempa bumi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up