JudulPersepsi Guru Geografi Terhadap Implementasi Kurikulim Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Geografi Di Tingkat SMA Kota Palu |
Nama: CAROLINA MAGDALENA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Carolina Magdalena S. Todapa, 2024. “Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Geografi di Tingkat SMA” Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Kharurraziq’ Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Guru terhadap Implementasi kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Geografi di Tingkat SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini di lakukan di sekolah SMA yang ada di Kota Palu yang berjumlah 3 (tiga) sekolah, yaitu SMA Negeri 7 Palu, SMA Negeri 4 Palu, SMANOR Tadulako. Subjek dalam penelitian ialah 3 orang orang guru ge ografi. Teknik dalam pengempulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan ialah deskriptif kualitatif yaitu dimulai dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan Berdasarkan penelitian yang dilakukan di 3 sekolah yaitu, SMA Negeri 7 Palu, SMA Negeri 4 Palu dan SMANOR Tadulako, hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi guru atau tenaga pendidik di dalam implementasi kurikulum Merdeka belajar secara keseluruhan memilki persepsi yang baik. Hal tersebut terbukti dari hasil wawancara dengan banyaknya ungkapan yang mendukung adanya implentasi kurikulum Merdeka belajar. Persepsi yang baik dan mendukung tersebut terlihat dari kesediaan para guru untuk mengikuti kebijakan konsep mereka belajar. Dari ketiga sekolah yang menerapkan kurikulum Merdeka belajar mereka sangat antusias terhadap kurikulum Merdeka belajar. Kata Kunci : Persepsi guru geografi, Kurikulum Merdeka belajar |