JudulIDENTIFIKASI PEMINATAN GEOGRAFI PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS XII DI SMA NEGERI 4 PALU |
Nama: SALSABILLA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Salsabilla, 2025. “Identifikasi Peminatan Geografi Pada Kurikulum Merdeka Kelas XII Di SMA Negeri 4 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing: Risma Fadhilla Arsy, S.Si., M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana identifikasi peminatan geografi pada kurikulum merdeka kelas XII di SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Hasil penelitian identifikasi peminatan geografi pada kurikulum merdeka terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama 1). bimbingan dalam proses pemilihan mata pelajaran pilihan Dalam menentukan mata pelajaran pilihan peserta didik perlu memerlukan bimbingan yang memadai agar mereka dapat menentukan pilihan yang sesuai dengan aspirasi masa depan mereka, 2). Sosialisasi kepada orang tua dan peserta didik, melakukan ragam cara sosialisasi agar terbangun pemahaman yang utuh mrngenai mekanisme pemilihan mata pelajaran pilihan, 3). Pendampingan dalam eksplorasi bakat, minat, dan kemampuan melalui beberapa Prinsip-prinsip dalam pendampingan yang menggunakan prinsip pembelajaran. Adapun faktor yang dominan mempengaruhi peserta didik memilih mata pelajaran geografi adalah faktor Eksternal. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Minat, Mata Pelajaran Geografi |