Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 7 PALU
Nama: NURFADILAH
Tahun: 2025
Abstrak
Nurfadilah, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 7 Palu.”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing: Nurvita S.Pd., M.Pd Peneltiaian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 7 Palu yang memilih mata pelajaran geografi sebanyak 6 kelas dengan total 214 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 4 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes tulis dan dokumentasi. Instrumen peneltian yang digunakan adalah pretest dan posttest dalam bentuk 15 butir soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis nilai menunjukkan bahwa posttest kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 60,6 dan posttest kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 72,7. Hasil analisis uji N-Gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai gain sebesar 0,4165 dalam kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh nilai gain sebesar 0,1776 dalam kategori rendah. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig) (2-tailed) yang diperoleh sebesar 0,001 < 0,05 maka bentuk hipotesisnya yaitu H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dikelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 7 Palu Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Geografi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up