Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EARTH SCIENCE COMMUNITY (EARTHCOMM) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 9 PALU
Nama: RAHMI AGUSSALIM
Tahun: 2024
Abstrak
Kemampuan berpikir spasial peserta didik yang kurang maksimal dapat mengakibatkan pembelajaran tidak tersalurkan dengan baik, dibutuhkan pembelajaran yang dapat membantu peserta didik meningkatkan kemampuan berpikir spasial. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk permasalahan ini adalah penggunaan model pembelajaran Earth science community (EarthComm). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Earth Science Community (EarthComm) terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik di SMA Negeri 9 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Pelaksanaan penelitian ini memerlukan dua kelas yang nantinya dua kelas ini akan diberi nama kelas eksperimen dan kelas kontrol. Oleh karena itu, ada dua kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah dilakukan pertimbangan, maka ditentukanlah bahwa sampel dari penelitian ini adalah kelas XI IIS 2 dan kelas XI IIS 3 SMA Negeri 9 Palu . Hasil dari penelitian Berdasarkan nilai yang diperoleh setelah diuji terdapat perbedaan yaitu, nilai posttest kelas kontrol 71,4 dan nilai posttest kelas eksperimen 75,4. Sedangkan nilai signifikan (sig.) (2-tailed) sebesar 0,030 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti model pembelajaran earth science community (EarthComm) berpengaruh pada kemampuan berpikir spasial peserta didik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up