| JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MAN 1 PARIGI |
| Nama: ALMUHAIMIN |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Almuhaimin, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di MAN 1 Parigi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Arifuddin Abdul Muis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Geografi di MAN 1 Parigi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Rancangan penelitian yang diterapkan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25 for Windows. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test mengindikasikan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 71,44, sedangkan di kelas eksperimen sebesar 82,08. Nilai signifikansi (2-tailed) yang diperoleh sebesar 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di MAN 1 Parigi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Kuasi Eksperimen, Hasil Belajar Siswa |