JudulPengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Iis Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 9 Palu |
Nama: ALMUGNI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Almugni, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 9 Palu. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nurvita, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 9 Palu”. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan sampel kelas X IIS 1 berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan X IIS 2 berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol dengan jumlah populasi sebanyak 48 orang. Intrumen penelitian berupa tes tulis, tes tulis diperoleh dari pretest dan postest 15 soal Pilihan Ganda dan 3 soal Esay. Hasil perhitungan hipotesis akhir (Uji t) menggunaakan aplikasi SPSS Versi 25.0 For Windows menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 80,65 sedangkan pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai yaitu sebesar 88,6 nilai signifikan (sig) (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 9 Palu. Kata Kunci : Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Mata Pelajaran Geografi, Hasil Belajar Siswa. |