JudulPengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Di SMAN 1 Palu |
Nama: PAISAL |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi yang valid pada mata pelajaran Geografi kelas X IPS SMAN 1 Palu. Metode Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), Langkahlangkah yang ditempuh dalam penelitian dan pengembangan ini, Ada 5 tahap yaitu, Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development) pelaksanaan (implementation) dan evaluasi (evaluation). Namun pada penelitian ini hanya 3 tahap yang dilakukan yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design),dan Pengembangan (Development) Penelitian ini juga menggunakan analisis data skala likert yang berkiteria empat tingkat kevalidan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran video animasi yang dikembangkan untuk menambah media pembelajaran pada mata pelajaran Geografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan menggunakan model ADD telah dinyatakan valid. Tingkat kevalidan media pembelajaran video animasi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) ahli media diperoleh persentase skor sebesar 88,46?ngan kriteria penilaian sangat valid; 2) ahli materi diperoleh persentase skor sebesar 98,33?ngan kriteria penilaian sangat valid; 3) ahli praktisi diperoleh persentase skor sebesar 85,93?ngan kriteria penilaian sangat valid. Penilaian kevalidan media dari siswa yang didapatkan melalui uji coba produk pada kelompok kecil yaitu diperoleh persentase skor sebesar 87,40?ngan kriteria penilaian sangat valid. |