JudulIMPLEMENTASI MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMAS GKST IMANUEL PALU |
Nama: ALIF BATWAZIR |
Tahun: 2025 |
Abstrak Alif Batwazir, 2025. Implementasi Media Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X di SMAS GKST Immanuel Palu. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran Geografi terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAS GKST Immanuel Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dan dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,3452 (kategori sedang). Sebagian besar siswa berada dalam kategori "Cukup" dan "Baik", sementara sebagian kecil mencapai kategori "Sangat Baik". Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi Quizizz efektif dapat meningkatkan hasil belajar Geografi siswa. Kata Kunci: Quizizz, pembelajaran interaktif, hasil belajar, Geografi. |