JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI MAN 1 KOTA PALU |
Nama: DWI ANTA NUR RAHMA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Dwi Anta Nurrahmah, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap kemampuan berpikir kritis Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di MAN 1 Kota Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Zumrotin Nisa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap kemampuan berpikir kritis Pada Mata Pelajaran Geografi. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode quasi eksperimen adalah suatu penyelidikan ilmiah yang menuntut peneliti memanipulasi dan mengendalikan satu atau lebih serta mengamati variabel terikat, untuk melihat perbedaan yang sesuai dengan manipulasi variabel-variabel bebas tersebut. Desain penelitian yang akan digunakan adalah nonquivalent control group design, dimana pada penelitian ini menggunanakan pretest dan posttest yang dilaksanakan di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap kemampuan berpikir kritis Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di MAN 1 Kota Palu. Hal ini dibuktikan hasil uji t menggunakan rumus independent sample t test hasil diketahui nilai signifikansi (2-tailed) 0,007 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas X terhadap pembelajaran geografi menggunakan metode pembelajaran CORE Kata Kunci : CORE, Model pembelajaran, Berpikir kritis |