Judul IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI |
Nama: ELVIYANTI PANDIN |
Tahun: 2022 |
Abstrak v ABSTRAK Elviyanti Pandin, 2022. Implementasi Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri Model Terpadu Madani. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Nurvita, S.pd., M.pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai karakter peduli lingkungan pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri Model Terpadu Madani. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu Kepala sekolah, Ketua komite, Guru mata pelajaran IPS dan peserta didik. Deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, Display (penyajian data), dan verifikasi data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan implementasi nilai karakter peduli lingkungan pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII dalam rangka pelaksanaan sekolah Adiwiyata dikembangkan beberapa program. 1) Kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, 2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan berupa kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan dan pengkondisian, 3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif. Dengan diterapkan program Adiwiyata siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Siswa memahami akan pentingnya menjaga lingkungan sekolah agar lingkungannya tetap bersih dan lestari. Faktor pendukung sekolah memprogram Adiwiyata, tersedia fasilitas kebersihan yang memadai. Faktor penghambat perilaku peserta didik dan kurangnya peran orang tua/wali murid terhadap siswa. Kata Kunci : Implementasi, Nilai Karakter, Peduli ingkungan, IPS Terpadu. |