JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI HIDROSFER DI SMA NEGERI 1 BANAWA TENGAH |
Nama: EMI MASTURA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Emi Mastura, 2025. Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Hidrosfer Di SMA Negeri 1 Banawa Tengah. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi Hidrosfer di SMA Negeri 1 Banawa Tengah. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Quasi Eksperimental Research. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Banawa Tengah yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa terdiri dari kelas X D (25 siswa) dan X E (25 siswa) di SMA Negeri 1 Banawa Tengah yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pada instrument diperoleh bahwa instrument yang digunakan valid dan reliabel. Selain itu, data yang diperoleh juga berdistribusi normal dan bersifat homogen. Berdasarkan hasil perhitungan, terdapat peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yang terlihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 46,8 mejadi 80,2 pada saat posttest. Berdasarkan analisis menggunakan uji Kolmogorov Smirnov melalui program SPSS, hasil posttest menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.24. Temuan ini mengindikasikan adanya dampak yang substansial dari perbedaan perlakuan pada kelompok eksperimen yang menerapkan metode Problem Based Learning (PBL). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak, sementara hipotesis alternatif (Ha) diterima, menunjukkan efektivitas dari metode pembelajaran yang diterapkan. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir |