JudulEfektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Pada Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA/MA Sederajat Se-Kota Palu |
Nama: SISI KURNIA S. PADJIMBUNG |
Tahun: 2023 |
Abstrak Sisi Kurnia S. Padjimbung, 2022. “Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Pada Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA/MA Sederajat Se- Kota Palu”. Skripsi (S-1), Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Zumrotin Nisa’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) pada pelajaran geografi yang diterapkan di SMA/MA sederajat se-Kota Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survey yang dilakukan di sekolah-sekolah SMA/MA sederajat yang ada di Kota Palu. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh sekolah SMA/MA sederajat yang ada di Kota Palu. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik simple random sampling yang kemudian terpilih sepuluh sekolah yang tersebar di Kecamatan se-Kota Palu dengan mengambil jumlah siswa satu kelas XI IPS dari masing-masing sekolah untuk dijadikan sampel, jumlah sampel keseluruhan yaitu 267 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket yang disebar langsung pada siswa, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif menggunakan rumus persentase dengan bantuan Microsoft Office Excel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari 10 sekolah, terdapat 3 sekolah yang termasuk dalam kategori cukup efektif dan 7 sekolah termsuk dalam kategori efektif. 3 sekolah kategori cukup efektif yaitu SMA Negeri 2 Palu dengan nilai persentase sebesar 79,76%, SMA Negeri 7 Palu sebesar 79,83%, dan SMA Karuna Dipa sebesar 79,52%. Sedangkan 7 sekolah kategori efektif yaitu SMA Negeri 4 Palu dengan nilai persentase sebesar 86,46%, SMA Negeri 5 Palu sebesar 85,51%, SMA Negeri 6 Palu sebesar 83,91%, SMA Negeri 8 Palu sebesar 86,52%, SMA Madani Palu sebesar 85,86%, MAN 2 Palu sebesar 85,18%, dan SMA Labschool UNTAD Palu sebesar 83,15%. Perolehan hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai raport pada semester genap 2021/2022 rata-rata nilai tertinggi diperoleh SMA Madani palu sebesar 91 dan yang terendah yaitu SMA Negeri 2 Palu dan SMA Negeri 4 Palu sebesar 84. Rata-rata nilai raport dari kesepuluh sekolah yaitu 87, nilai ini telah mencapai KKM yang telah ditentukan pada setiap sekolah. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Pelajaran Geografi |