Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala
Nama: SITI NUR HALIZA
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning dalam pembelajaran geografi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Penerapan model Project Based Learning yang telah diterapkan oleh guru di kelas XI IPS 4 melalui hasil analisis data observasi aktivitas guru diperoleh persentase 89?n aktivitas siswa diperoleh persentase 83,3?ngan kategori sangat baik. persentase pelaksanaan pembelajaran sesuai sintaks diperoleh 93,7?n interaksi antara siswa dan guru diperoleh 83,3%. Hasil analisis angket respon siswa terhadap penerapan Project Based Learning diperoleh persentase 82,7% termasuk dalam kriteria positif. Hasil penilaian proyek dilakukan secara kelompok dan individu, nilai proyek pada kelompok 1 diperoleh 75 dan kelompok 2 diperoleh 87,5 adapun persentase ketuntasan individu diperoleh 89?ngan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 87 dan telah memenuhi standar ketuntasan KKM >73. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning sangat efektif digunakan dalam pembelajaran geografi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yang menggunakan metode ceramah selain itu, penerapan model Project Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Efektivitas, model project based learning dan hasil belajar geografi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up