JudulPEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI TERHADAP PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TOMINI KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: WARDIANSYAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Wardiansyah, 2025. Pembelajaran Berbasis Simulasi Terhadap Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tomini Kabupaten Parigi Moutong. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Pak Khairurraziq, S.Pd., M.Pd Di Indonesia, gempa bumi sering terjadi dan menimbulkan kerugian yang besar karena kurangnya pengetahuan tentang mitigasi bencana, khususnya di bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis simulasi terhadap pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi kelas XI SMA Negeri 1 Tomini Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Quasi- experimental design pada satu kelompok (One-Group Pretest - Posttest Design) dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden yang diambil dengan teknik total sampling. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pandangan siswa terhadap pengetahuan cukup positif, hal ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang positif. Dimana pemberian edukasi memberikan dampak yang besar terhadap tingkat kesiapsiagaan siswa di SMA Negeri 1 Tomini dalam menghadapi bencana gempa bumi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan simulasi kesiapsiagaan bencana dengan nilai signifikan = <0.000 (<0.05) dengan rata-rata pengetahuan setelah diberikan perlakuan lebih tinggi 77.00 dari pada sebelum diberikan intervensi 60.17 yang berarti tedapat peningkatan pengetahuan kesiapsiagaan bencana. Dari hasil penelitian diharapkan siswa dapat mempertahankan dan meningkatkan pengetahuan yang telah didapatkan Kata Kunci : Bencana, pengetahuan, dan kesiapsiagaan |