JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 SARUDU |
Nama: WIDYAWATI IKSAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Widyawati Iksan, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Sarudu Kabupaten Pasangkayu. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Zumrotin Nisa, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran DLPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sarudu. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan sampel pada kelas XI IPS A berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan XI IPS B berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan nilai yang diperoleh setelah diuji terdapat perbedaan yaitu nilai rata-rata Post-test kelas kontrol 67.80 dan kelas eksperimen 83.65 sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Double Loop Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Geografi terhadap tingkat berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Sarudu Kabupaten Pasangkayu. Kata kunci : Model Pembelajaran, Pelajaran Geografi, Berpikir Kritis |