JudulEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BOLANO |
Nama: TRI WAHYU SETIAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Tri Wahyu Setiawati, 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bolano. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rendra Zainal Maliki, S.Pd.,M.Pd. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada materi keragaman budaya indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bolano. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Penelitian dengan metode quasi eksperiment merupakan suatu tindakan dan pengamatan yang dilakukan untuk mengecek atau mengenali sebab akibat dari suatu masalah. Dalam penelitian ini menggunakan sampel pada kelas XI IPS 1 berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes essay sebanyak 10 soal. Hasil uji hipotesis data menunjukan peningkatan hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya Indonesia sebelum dan sesudah proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) dengan nilai rata-rata Post-test kelas kontrol 66,52 dan kelas eksperimen 83.20 sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bolano. Kata kunci : Problem Based Learning, Pelajaran Geografi, Hasil Belajar |