JudulPengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Di SMA Negeri 6 Palu |
Nama: LAILY RIZKI AMALIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Laily Rizki Amalia, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam di SMA Negeri 6 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan llmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rendra Zainal Maliki. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi khususnya materi Sumber Daya Alam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian dengan metode eksperimen merupakan suatu tindakan dan pengamatan yang dilakukan untuk mengecek atau mengenali sebab akibat dari suatu masalah. Penelitian ini termasuk kategori eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test and post-test design. Kelompok eksperimen 1 di beri perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping sedangkan pada kelompok eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran konvensional (power point). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam kelas XI IPS SMA Negeri 6 Palu. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji t pada kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata 75,75 sedangkan pada kelas eksperimen 2 diperoleh nilai rata-rata 66,78 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Kata Kunci: Mind Mapping, Model Pembelajaran, Hasil Belajar |