JudulPENGEMBANGAN MODUL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI GEOGRAFI SUMBER DAYA ALAM DI SMA NEGERI 6 KOTA PALU |
Nama: RINO ARIANSYAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Rino Ariansyah, 2022. Pengembangan Modul Project Based Learning Berbasis Mind Mapping Pada Materi Geografi Sumber Daya Alam Di SMA Negeri 6 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing, Rendra Zainal Maliki, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul project based learning berbasis mind mapping pada materi geografi sumber daya alam di SMA Negeri 6 palu. Metode pengembangan pada penelitian ini yaitu research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Prosedur penelitian dan pengembangan terdiri dari lima langkah namun hanya dilakukan tiga langkah. Data hasil validasi berupa saran dan penilaian sebagai dasar untuk perbaikan dan penyempurnaan produk modul pembelajaran yang dikembengakan. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh, data hasil validasi ahli desain diperoleh dengan persentase 84?rada pada kualifikasi sangat baik untuk digunakan, hasil validasi ahli materi pembelajaran dengan persentase 70?rada pada kriteria baik untuk digunakan. Kelayakan produk yang telah divalidasi ahli berada pada kriteria baik dengan rata-rata persentase 76%. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata 80?ngan kriteria layak. Hasil uji lapangan diperoleh 78?ngan kriteria layak dan tidak perlu di revisi. Dengan demikian produk ini dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Kata Kunci : Modul, Pengembangan, Sumber Daya Alam |