JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN DI SMA NEGERI 2 MORI ATAS |
Nama: RIA ANGELINA PARINDING |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Ria Angeline Parinding (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI IPS Materi Dinamika kependudukan di SMA Negeri 2 Mori Atas. Skripsi (S1) Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Tadulako, Rendra Zainal Maliki (Pembimbing). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi pada materi Dinamika Kependudukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Metode Eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Mori Atas Kabupaten Morowali Utara, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Mori Atas sebanyak 2 kelas yang jumlah siswanya 40 siswa. Kelas XI IPS 1 berjumlah 20 siswa diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran PBL (kelas eksperimen) dan kelas XI IPS 2 berjumlah 20 siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berbasis power point (kelas kontrol). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi dinamika pendudukan mempengaruhi hasil belajar siswa. Menurut hasil uji t pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 76,00 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 61,25 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Berarti nilai signifikansi lebih kecil dari nilai alpha, yang kemudian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS materi dinamika kependudukan di SMA Negeri 2 Mori Atas. Kata Kunci : Siswa, Model Pembelajaran, Problem Based Learning |