JudulSTUDI KECERDASAN EKOLOGI SISWA TERHADAP LINGKUNGAN PERSEKOLAHAN DI SMAN 3 PALU |
Nama: FAHRUL ARDIANSYAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Fahrul, 2025 Studi Kecerdasan Ekologi Siswa Terhadap Lingkungan Persekolahan di SMAN 3 Palu, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kecerdasan ekologis siswa di SMA Negeri 3 Palu dengan mengidentifikasi pendidikan lingkungan yang diterapkan di SMA Negeri 3 Palu, bagaimana kecerdasan ekologis memberikan dampak pembentukan kesadaran dan perilaku siswa terhadap lingkungan di SMA Negeri 3 Palu, serta Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesadaran dan perilaku siswa terhadap lingkungan sekolah di SMA Negeri 3 Palu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan ekologi, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Lingkungan yang diterapkan di SMA Negeri 3 Palu, tidak hanya berorientasi didalam ruangan tetapi juga di luar ruangan dan didukung dengan adanya upaya dan kebijakan sekolah yaitu Program Adiwiyata. 3 indikator kecerdasan ekologis yang memberikan dampak pembentukan kesadaran dan perilaku siswa terhadap lingkungan di SMA yaitu (1) Pengetahuan Lingkungan (2) Sikap Peduli (3) Tindakan Konkret. dua faktor utama yang mempengaruhi Kesadaran dan Perilaku siswa terhadap lingkungan sekolah yaitu (1) Faktor Internal meliputi : Pengetahun (2) Faktor Eksternal meliputi : lingkungan sosial, budaya masyarakat sekitar, dan peran orang tua. Kata Kunci: Pengetahuan lingkungan, sikap peduli, tindakan konkrit. |