JudulIMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA SE-KOTA PALU |
Nama: YULIANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Yulianti, 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Se-Kota Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nurvita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar pada 3 sekolah penggerak se-kota palu yang terdiri dari sekolah : SMA Negeri 7 Palu, SMA Negeri 4 Palu dan SMA Negeri Olahraga Tadulako Palu. Subyek dalam penelitian ini adalah 3 guru mata pelajaran geografi di 3 Sekolah Penggerak Se-Kota Palu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pada sekolah SMA Negeri 7 Palu di tahap pelaksanaan alur tujuan pembelajaran belum sepenuhnya berdasarkan kebutuhan peserta didik, perangkat ajar masih memadukan kurikulum merdeka dan kurikulum 2013, belum terlaksana kolaborasi antar guru dan orang tua wali/siswa, kendala yang di alami dalam implementasi kurikulum merdeka belajar adalah tidak memadainya sarana prasarana : infocus, jaringan internet dan implementasi kurikulum merdeka belajar belum merata di semua jenjang sekolah yang menyebabkan sulitnya penyusuaian peserta didik; 2) Pada SMA Negeri 4 Palu belum terlaksana kolaborasi dengan orang tua wali/siswa dan komunitas industri; 3) Pada SMA Negeri Olahraga Tadulako Palu belum terlaksana kolaborasi dengan orang tua wali/siswa dan komunitas Industri, kendala pada implementasi adalah sumber belajar pada kurikulum merdeka belajar berkurang dan pelatihan untuk menguasai kurikulum merdeka belajar belum memadai. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Mata Pelajaran Geografi |