Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 6 Palu
Nama: YORIS CHARTER YONATHAN
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Yoris Charter Yonathan, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 6 Palu Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Amalia Novarita, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran treffinger terhadap motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 6 Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 64 peserta didik SMA Negeri 6 Palu. Dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan kofisien regresi linear sederhana dan menggunakan SPSS 26. Tingkat analisis regresi nya adalah 0,926 dan bernilai positif. Dan dilakukan uji hipotesis ( uji t ) dengan hasil thitung > ttabel (16,726 > 1,999) maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya penemuan ini menemukan bahwa Pembelajaran Treffinger mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi Belajar. Ini berarti metode Pembelajaran Treffinger tersebut memberikan dampak atau pengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran geografi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Motivasi, Pengaruh

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up