Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 4 PALU
Nama: LISA YULIANTI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Lisa Yulianti Siduppa, 2022. Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika Universitas Tadulako. Pembimbing Zumrotin Nisa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran geografi di SMA Negeri 4 Palu semester genap tahun ajaran 2020/2021 dan semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 dan 2) Mengetahui kendala yang dialami guru geografi dalam implementasi pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 16 orang yaitu wakil kepala sekolah kurikulum, guru geografi, siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Palu yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 proses pembelajaran dialihkan ke pembelajaran daring, dalam penerapan pembelajaran pada aspek menalar dan aspek mengkomunikasikan seringkali terlewatkan karena mengingat waktu pembelajaran terbatas dan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 sudah terlaksana dengan baik dimana semua aspek sudah diterapkan oleh guru geografi baik pada aspek mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan dalam proses pembelajaran dikelas. 2) Kendala dalam implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran geografi semester genap tahun ajaran 2020/2021 terkendala sinya/koneksi yang disebabkan jaringan tidak stabil atau paket data, guru tidak dapat berintraksi secara langsung saat pelaksanaan pembelajaran daring, dan guru tidak mengetahui perkembangan siswa secara langsung, pelaksanaan 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, menalar dan mengkomunikasikan). Selanjutnya kendala pada pembelajaran semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yaitu waktu yang terbatas dan persiapan guru yang kurang dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran geografi, sehingga dalam penerapanya kurang bervariasi hal tersebut membuat siswa jenuh dan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Kata Kunci : Implementasi, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Geografi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up