JudulIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN MOROWALI |
Nama: AMRIA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Amria, 2021. Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring Pada Mata Pelajaran Geografi SMA di Kabupaten Morowali. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Nurvita. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan tentang implementasi pembelajaran daring dan luring yang mencangkup persiapan pembelajaran dilakukan oleh guru, siswa maupun orang tua, pelaksanaan pembelajaran, mengetahui evaluasi serta kendala yang dialami siswa maupun guru dan upaya dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran geografi SMA di Kabupaten Morowali. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bungku dan SMA Negeri 2 Bungku, kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan subjek guru mata pelajaran geografi dan siswa kelas X IPS, serta orang tua murid. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa persiapan pembelajaran oleh guru sebelum pelaksanaan pembelajaran daring maupun luring dimulai dengan menyiapkan bahan ajar yang sesuai dalam RPP, video pembelajaran, ppt dan tugas. Pada pembelajaran daring memastikan ketersedian layanan internet. Persiapan pembelajaran oleh siswa yaitu menyiapkan alat tulis dan kesiapan mengikuti pembelajaran menggunakan jaringan. Sedangkan oleh orang tua murid mempersiapkan paket data serta memantau siswa dalam kesiapan belajar. Pelaksanaan pembelajaran daring pada kedua sekolah menyampaikan materi melalui zoom, guru dan siswa menggunakan aplikasi belajar whatssapp untuk mengirimkan informasi mengenai pembelajaran, materi, video animasi pembelajaran dan ppt. Menggunakan aplikasi quipper dan Classroom sebagai aplikasi pengiriman tugas. Sedangkan pada pembelajaran luring guru melakukan pembelajaran door to door yaitu mendatangi siswa atau siswa mendatangi guru ke sekolah untuk melaksanakan pembelajaran. Bentuk-bentuk evaluasi pada pelaksanaan pembelajaran yaitu adanya jangka waktu pemberian tugas. Adapun kendalanya pembelajaran daring yaitu terdapat pada gangguan layanan jaringan waktu penyampaian/penerimaan materi. Sedangkan pembelajaran luring memiliki kendala yaitu kondisi akses dan jarak rumah yang harus ditempuh sehingga mengakibatkan terbatasnya waktu belajar. Kata kunci :Implementasi, Kendala, Solusi Pembelajaran, Covid-19. |