Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMANFAAT LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BAMBALAMOTU DI KELURAHAN BAMBALAMOTU KECAMATAN BAMBALAMOTU KABUPATEN PASANGKAYU
Nama: MUH FUDAIL M
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Muh Fudail. M (2021). Manfaat Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bambalamotu di Kelurahan Bambalamotu Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Pasangkayu. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Pembimbing: Samuel Sanda Patampang. Tujuan dalam penelitian ini: (1) Mengidentifikasi Manfaat lingkungan sebagai sumber pembelajaran geografi SMA Negeri 1 Bambalamotu (2) Mengidentifikasi kendala yang menghambat dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber pembelajaran geografi SMA Negeri 1 Bambalamotu. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bambalamotu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 89,29 % siswa yang menyatakan senang hingga sangat senang mengikuti pelajaran geografi dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Sedangkan hanya 10,71 % siswa yang menyatakan kurang senang hingga tidak senang mengikuti pelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar antara lain: 1. Sumber belajar yang terdapat di lingkungan sekitar terbatas 2. Memerlukan banyak waktu 3. Kegiatan terkesan main-main karena kurang dipersiapkan 4. Guru tidak perna menerapkan pembelajaran di lingkungan 5. Kurangnya fasilitas sekolah yang dibutuhkan pada saat di lapangan 6. Terbatasnya kegiatan karena adanya aturan PPKM dari pemerintah 7. Guru susah dalam mengkondisikan siswa 8. Sempitnya pandangan guru bahwa kegiatan belajar hanya dilakukan di dalam kelas 9. Proses pembelajaran terkesan main-main 10. Siswa kesulitan dalam merangkum hasil pembelajaran 11. Memerlukan biaya untuk kegiatan pembelajaran di lingkungan 12. Perizinan dari orang tua siswa 13 Pada saat kerja kelompok tidak semua aktif dalam tugas kelompoknya. Kata kunci: Manfaat Lingkungan, Sumber Belajar, Pembelajaran Geografi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up