JudulPengaruh Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 9 Palu Tahun Pelajaran 2019/2020 |
Nama: TRIANI WAHYUNI SABRI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 9 Palu Tahun Pelajarn 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palu yang berjumlah 231 siswa dan akan diambil 25% siswa. Jadi siswa yang akan dijadikan sampel sebanyak 57 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase, statistik korelasi, statistik chi kuadrat, ststistik uji linearitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini membuktikan ada pengaruh yang positif dan signifikan sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Palu Tahun Pelajarn 2019/2020. Terbukti hasil perhitungan prestasi belajar siswa pada tabel konversi ditemukan nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 56,86 yang berada dalam kategori sedang. Hasil perhitungan analisis pada uji normalitas menggunakan statistik chi kuadrat diperoleh chi kuadrat hitung = 13.97 dengan chi kuadrat tabel = 11.070, maka chi kuadrat hitung < chi xss=removed xss=removed xss=removed tabel =3,841 xss=removed xss=removed> ttabel maka dapat disimpulakn bahwa korelasi tersebut signifikan atau hipotesis kerja (Ha) diterima. |