JudulURGENSINYA KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 DONDO KABUPATEN TOLI-TOLI |
Nama: DIAN NOVITA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Dian Novita, 2021. Urgensinya Kompetensi Pedagogik Dalam Pembelajaran Geografi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Dondo Kabupaten Toli-Toli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Abdul Hamid, S.Ag., M.Pd, I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran geografi dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran geografi pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Dondo Kabupaten Toli-Toli. Penelitian ini di laksanakan di SMA Negeri 1 Dondo yang terletak di Desa Tinabongan, Kecamatan Dondo, Kabupaten Toli-Toli dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan subjek guru geografi dan siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) SMA Negeri 1 Dondo melakukan pembelajaran Geografi sesuai dengan surat edaran tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat coronavirus disease (Covid19) maka kegiatan belajar dilakukan secara daring (online). Pembelajaran daring ini tidak lama dikarenakan Dondo masih berada dalam zona hijau, sehingga pembelajaran sudah bisa dilaksanakan secara tatap muka dengan sistem genap ganjil. Perancanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Dondo telah mengadakan pelatihan bagi para guru-guru disekolah dalam perancangan pembelajaran yaitu pembuatan RPP darurat. Guru memanfaatkan hasil belajar dan evaluasi untuk mengetahui kemampuan siswa guna memperbaiki pembelajaran selanjutnya. 2) Faktor pendukung Proses Pembelajaran Geografi Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Dondo adalah adanya fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah serta pelatihan yang diadakan di sekolah untuk para guru. Faktor Penghambat Proses Pembelajaran Geografi Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Dondo adalah terkendala masih adanya guru dan siswa yang belum menguasau IT dan ini dinilai belum efektif, serta sistem genap ganjil yang tidak terlaksana dengan baik. Kata kunci: Proses Pembelajan, Faktor Pendukung dan Penghambat. |