JudulPELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 BUNGKU TENGAH KABUPATEN MOROWALI |
Nama: RAHMA YULIANINGSIH ENDE |
Tahun: 2022 |
Abstrak Rahma Yulianingsih Ende, 2022. Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Bungku Tengah Kabupaten Morowali.Skripsi. program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pebndidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Abd. Hamid. ?Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran geografi masa pandemi covid-19 yang mencakup persiapan pembelajaran, mengetahui evaluasi serta kendala yang dialami siswa maupun guru dan upaya yang dilakukan guru dalam pelaksanaa pembelajaran masa pandemi covid-19 di SMAN 1 Bungku Tengah Kabupaten Morowali dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan objek guru mata pelajaran geografi dan siswa kelas XI IPS 1. Pengumpulan data menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran geografi di SMAN 1 Bungku Tengah Kabupaten Morowali menggunakan dua metode yaitu daring dan luring. Persiapan pembelajaran daring oleh guru sebelum pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi covid-19 dimulai dengan menyiapkan bahan ajar yang sesuai dalam RPP, video pembelajaran, ppt dan tugas. Pada pembelajaran daring memastikan ketersedian layanan internet. Pelaksanaan pembelajaran daring pada sekolah SMAN 1 Bungku Tengah menyampaikan materi melalui zoom, guru dan siswa menggunakan aplikasi belajar whatssapp untuk mengirimkan informasi mengenai pembelajaran, materi, video animasi pembelajaran dan ppt. Sedangkan pada pembelajaran tatap muka guru melakukan pembelajaran door to door yaitu mendatangi siswa atau siswa mendatangi guru ke sekolah untuk melaksanakan pembelajaran. Bentuk-bentuk evaluasi pada pelaksanaan pembelajaran yaitu adanya jangka waktu pemberian tugas. Adapun kendalanya pembelajaran daring yaitu terdapat pada gangguan layanan jaringan waktu penyampaian/penerimaan materi. Sedangkan pembelajaran luring memiliki kendala yaitu kondisi akses dan jarak rumah yang harus ditempuh sehingga mengakibatkan terbatasnya waktu belajar. Pada pembelajaran daring dan luring memiliki sintaks yang berbeda. Pencapaian keberhasilan pembelajaran di sekolah SMAN 1 Bungku Tengah ialah pembelajaran luring karena lebih unggul dalam proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci : Covid-19, pembelajaran daring, pembelajaran luring. |