JudulHubungan Kemampuan Spasial Terhadap Pengetahuan Dasar Pemetaan Pada Siswa Kelas X MA Al-Khairaat Tondo |
Nama: MITA WARDINA |
Tahun: 2024 |
Abstrak MITA WARDINA, 2024. Hubungan Kemampuan Spasial Terhadap Pengetahuan Dasar Pemetaan Pada Siwa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Khairaat Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Amalia Novarita. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Khairaat Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan spasial terhadap pegetahuan dasar pemetaan pada siswa kelas X MA Al-Khairaat Tondo. Metode penelitian mengunakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al-Khairaat Tondo yang berjumah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Kuesioner (angket), tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif statistik dengan menggunakan software SPSS versi 23 dalam mengolah data. Kemampuan spasial siswa kelas X dalam kelompok baik sekali berdasarkan jumlah terbanyak 40?n pengetahuan dasar pemetaan siswa juga berada pada kelompok baik sekali dengan jumlah terbanyak 44%. Hasil uji korelasi antara variabel kemampuan spasial terhadap variabel pengetahuan dasar pemetaan mendapatkan nilai rxy = 0,630 dengan sig. = 0,000 (sig.< 0,05) menunjukkan ada hubungan positif signifikan antara kemampuan spasial terhadap pengetahuan dasar pemetaan siswa. Hal ini mendukung hipotesis terdapat hubungan kemampuan spasial terhadap pengetahuan dasar pemetaan pada siswa kelas X MA Al-Khairaat Tondo. Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Pengetahuan Dasar Pemetaan |