JudulPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA PADA KELAS XI DI SMAN 6 KOTA PALU |
Nama: NUR AINUN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Materi Persebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia Pada Kelas XI Di SMAN 6 Kota Palu “.Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Rendra Zainal S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangakan media pembelajaran audio visual yang valid di SMAN 6 palu. 2) mengetahui persepsi siswa terhadap media audio visual di SMAN 6 Palu. Metode pengembangan pada penelitian ini yaitu research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Prosedur penelitian dan pengembangan terdiri dari lima langkah namun hanya dilakukan tiga langkah. Data hasil validasi berupa saran dan penilaian sebagai dasar untuk perbaikan dan penyempurnaan produk media pembelajaran yang dikembengakan. Objek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 6 Palu. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data dibagi atas 2 yaitu instrumen uji kevalidan berupa lembar validasi oleh ahli media dan ahli. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji kevalidan dan uji kepraktisan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Data hasil validasi berupa saran dan penilaian sebagai dasar untuk perbaikan dan penyempurnaan produk media pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh, data hasil validasi ahli materi diperoleh dengan persentase 87?rada pada kualifikasi sangat baik untuk digunakan, hasil validasi ahli media pembelajaran dengan persentase 91?rada pada kriteria sangat baik untuk digunakan. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata 77?ngan kriteria layak. Hasil uji lapangan diperoleh 73?ngan kriteria layak. Dengan demikian produk ini dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah yang memiliki skor rata-rata keseluruhan 83?ngan kriteria sangat layak dan tidak perlu direvisi. Kemudian menurut siswa dengan media pembelajaran audio visual tersebut mereka lebih memahami materi dalam proses pembelajaran. |