JudulPERAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 SINDUE KABUPATEN DONGGALA |
Nama: ADE DERMAWAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ade Dermawan. (A 351 17 027) “Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 1 Sindue Kabupaten Donggala”. Dibimbing oleh Abdul Hamid, S.Ag., M.Pd.I. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sindue, Kecamatan Sindue, kabupaten Donggala. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya peran guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa dimasa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Sindue Kabupaten Donggala dan diketahuinya faktor menjadi pendukung dan penghambat guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa dimasa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Sindue. Subjek penelitian ini adalah 3 orang guru mata pelajaran IPS dan 30 siswa SMP Negeri 1 Sindue. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar IPS pada siswa SMP Negeri 1 Sindue yaitu: guru membantu kesulitan belajar siswa, guru memberi hadiah kepada siswa, guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, guru memberi pujian kepada siswa, guru memberi ulangan, guru memberi nilai dalam bentuk angka, dan guru memberitahukan hasil belajar. Guru mata pelajaran IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa sudah berperan bagi siswa-siswinya, dapat dilihat menggunakan angket, minat belajar siswa masih tergolong cukup baik walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19. Faktor pendukung peran guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Sindue dimasa pandemi yaitu: Kesungguhan siswa belajar, kesehatan siswa, dukungan dari orang tua terhadap aktivitas belajar siswa, dan kompetensi guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kesulitan belajar siswa akibat tingkat pemahaman yang rendah dari siswa dan faktor sarana dan prasarana dari siswa untuk pembelajaran daring, seperti gawai telepon pintar (HP) dan dari segi jangkauan jaringan. Kata Kunci : Peran Guru, Minat belajar, Covid-19 |