JudulPERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEMATIK DI SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: FITRIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Fitriani, 2024. “Perbedaan Hasil Belajar antara Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Berbasis Tematik di SMA Negeri 5 Palu ”. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nurvita. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran berbasis tematik pada siswa SMAN 5 Model Palu. Metode Penelitian ini adalah penelitian semu (quasi aksperiment). Desain ”Posttest only Control Group Design” Subjek penelitian yaitu siswa SMA Negeri 5 Palu kelas XI IPS 3 untuk diberikan perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas XI IPS 2 untuk diberikan perlakuan model pembelajaran berbasis tematik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi.\, tes (pre-post test), wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji independen t test. Hasil penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Palu dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan berbasis tematik. Hal ini dilihat dari perbedaan nilai hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah memeperoleh nilai rata-rata post test 85,59. Sedangkan model pemebelajaran berbasis tematik memperoleh nilai rata-rata post test 76,21. Sehingga dapat disimpulkan perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih besar dari pada model pembelajaran berbasis tematik Kata Kunci : hasil belajar, model berbasis masalah, model berbasis tematik |