JudulANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: ZULKIFLI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Zulkifli, 2021. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Tadulako. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Zumrotin Nisa’. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kepuasan dan tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 di Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Tadulako semester genap tahun akademik 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di Program Studi Pendidikan Geografi. . Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2018, 2019, dan 2020 berjumlah 337 orang. Sampel diambil berdasarkan rumus Slovin dengan “sampling error” 5?ngan hasil sampel berjumlah 183 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan angket atau kuesioner online (google form) dan observasi. Teknik analisis data menggunakan univariate analysis of the satisfaction atributes yaitu analisis dengan cara memetakan distribusi frekuensi pada aspek-aspek kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa skor rata-rata keseluruhan dari aspek kepuasan yaitu 2,74 pada kategori puas terhadap pembelajaran daring masa pandemi covid-19. Tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran daring di program studi pendidikan geografi: 1) Pada aspek accessibility (aksesbilitas), secara umum mayoritas mahasiswa menyatakan puas. skor tertinggi dalam hal kemudahan mendapatkan atau memperoleh sumber-sumber belajar selama pelaksanaan pembelajaran daring dan skor terendah dicapai dalam hal fasilitas (perlengkapan) Mahasiswa dalam menunjang proses pembelajaran daring, masing-masing yaitu 2,96 dan 2,48. 2) Pada aspek indepedency (kemandirian), secara umum mayoritas mahasiswa menyatakan puas. Skor tertinggi dalam hal penilaian terhadap dosen dalam bentuk evaluasi atau tugas yang diberikan oleh dosen selama perkuliahan dan skor terendah dicapai dalam hal sistem pembelajaran daring serta seluruh aktivitas perkuliahan yang bersifat daring, masing-masing yaitu 2,78 dan 2,49. 3) Pada aspek Enrichment (pengayaan), secara umum mayoritas mahasiswa menyatakan puas. Skor tertinggi dalam hal penjelasan yang diberikan oleh dosen berkaitan dengan arah dan tujuan dalam setiap pembelajaran daring dan skor terendah dalam hal kenyamanan dan ketenangan selama pembelajaran daring, masing-masing yaitu 3,08 dan 2,67. 4) Pada aspek Interactivity (interaktivitas), secara umum mayoritas mahasiswa menyatakan puas. Skor tertinggi dalam hal memberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi pada pembelajaran daring dan skor terendah dalam hal motivasi belajar untuk belajar secara mandiri dalam mengikuti perkuliahan daring, masing-masing yaitu 2,98 dan 2,63. Kata Kunci : Kepuasan Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19 |