Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA A KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 PALU
Nama: FARID KALAPE
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran mata pelajaran IPS di SMP Negeri 19 Palu, khususnya mengenai upaya guru dalam mengembangkan efektivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan fokus pada kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS di SMP Negeri 19 Palu telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, seperti menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mempersiapkan media pembelajaran yang kreatif dan efektif, serta melakukan evaluasi hasil belajar siswa. Guru juga mengembangkan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, sehingga menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Selain itu, guru memberikan motivasi yang terus-menerus kepada siswa untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, pembelajaran IPS di SMP Negeri 19 Palu dapat dikatakan efektif, dengan siswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap materi pelajaran. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan berkat pendekatan yang dilakukan oleh guru dalam mengelola kelas dan menerapkan metode yang bervariasi. Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Hasil Belajar, SMP Negeri 19 Palu

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up