JudulPENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: WIDYA PRASTIKA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Widya Prastika (2021). Pengaruh Pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 15 palu . Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako. Pembimbing: Amiruddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 15 palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang diambil adalah 10?ri seluruh jumlah populasi yaitu 10% x 200 = 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis koefisien korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada pengaruh antara Pemanfaatan internet dan Motivasi belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 15 Palu hal ini dapat dilihat dengan koefesien korelasi 0,673 sehingga koefesien korelasi berada pada kategori kuat (0,673 – 0,444). Selanjutnya nilai t_hitung sebesar 3,858. Nilai ini jika dibandingkan dengan nilai t_tabel sebesar 0,444 pada tingkat kepercayaan 5?alah lebih besar. maka nilai t_hitung > t_tabel (3,858> 1,734) Artinya ada pengaruh pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Kata kunci : Pemanfaatan, Internet & Motivasi Belajar. ABSTRACT Widya Prastika (2021). The effect of internet utilization on students' learning motivation in social studies subjects in class VIII of SMP Negeri 15 Palu. Research, Geography Education Study Programme, Department of Social Sciences, Faculty of Teachery and Education Sciences, Tadulako University. Mentor: Amiruddin. This study aimed to determine the effect of internet use on students' learning motivation in social studies subjects in class VIII of SMP Negeri 15 Palu. This study was a descriptive research with quantitative approach. The population in this study were all students of class VIII. The sample was 10% of the total population, which was 10% x 200 = 20 students. Data collection techniques used were observation, questionnaires and documentation. The data analysis technique used was the product moment correlation coefficient analysis method. The results of this study indicated that there was correlation between internet utilization and learning motivation in social studies subjects at SMP Negeri 15 Palu, where it could be seen with from the correlation coefficient of 0.673 which was categorized as strong (0.673 - 0.444). Furthermore, the value of t count was 3.858. Compared with the t_table value of 0.444 at 5% confidence level, the t count was greater. Hence the value of t_count > t_table (3.858> 1.734) This showed that there was effect of internet use on student’s learning motivation of class VIII at SMP Negeri 15 Palu. Keywords: Utilization, Internet & Learning Motivation |