JudulAKTIFITAS BELAJAR DARING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: WALID |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Walid, 2021, Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Tadulako, Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Zumrotin Nisa’, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas belajar daring mahasiswa semester genap tahun 2020/2021 program studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Tadulako. Penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif –kualitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan geografi angkatan 2018, 2019, 2020 berjumlah 285 orang dengan jumlah sampai 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan redukasi data, ferifikasi data, atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran daring masuk dalam kriteria aktif dengan persentase sebesar 70%, aktivitas belajar daring secara visual dengan presentase 70% masuk dalam kriteria aktif, oral dengan presentase 74% masuk dalam kriteria aktif, listening dengan presentase 72% masuk dalam kriteria aktif, writing dengan presentase 66 masuk dalam kriteria aktif, drawing dengan presentase 66% masuk dalam kriteria cukup, mental dengan presentase 77% masuk dalam kriteria aktif, dan emotional dengan presentase 70% masuk dalam kriteria aktif. Kata kunci : Pembelajaran Daring & Aktivitas Belajar Daring |