JudulDampak Penerapan Dua Kurikulum Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di Man Insan Cendekia Kota Palu |
Nama: SUTRAYANI. A |
Tahun: 2020 |
Abstrak Sutrayani.A, 2020. Dampak Penerapan Dua Kurikulum Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di Man Insan Cendekia Kota Palu.Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Nurvita. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yang akan di capai yaitu (1) untuk mengetahui motivasi intrinsik siswa terhadap penerapan dua kurikulum di MAN Insan Cendekia Kota Palu, (2) untuk mengetahui motivasi ekstrinsik siswa terhadap penerapan dua kurikulum di MAN Insan Cendekia Kota Palu, (3) untuk mengetahui kendala yang di hadapi oleh siswa terkait penerapan dua kurikulum di MAN Insan Cendekia Kota Palu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian terkait pada motivasi instrinsik atau motivasi yang bersumber dari dalam diri siswa menunjukkan bahwa siswa-siswi yang bersekolah di MAN Insan Cendekia Kota Palu memiliki dorongan yang sangat kuat dari dalam diri mereka untuk berhasil mempelajari serta menguasai materi dan mendapatkan nilai yang tinggi dalam kegiatan belajarnya. Motivasi ekstrinsik atau motivasi yang bersumber dari luar pribadi siswa memiliki peran dalam proses siswa-siswi tersebut menimbah ilmu, sarana dan prasana yang memadai serta guru yang berkompeten di bidangnya dalam hal ini yang menjadi penunjang dalam menciptakan suasana lingkungan belajar sehingga siswa-siswi lebih giat dan tekun dalam belajar, dan sejalan dengan tingginya motivasi siswa di barengi dengan lingkungan belajar yang kondusif dan guru yang kompeten menjadikan sekolah tidak mengalami kesulitan yang besar dalam penerapan dua kurikulum pada MAN Insan Cendekia Kota Palu. Kata Kunci : motivasi, kurikulum, man insan cendekia kota palu |