JudulUPAYA GURU GEOGRAFI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI SMA NEGERI 3 PALU |
Nama: SRI FITRIA S |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Sri Fitria Sari (2021). Upaya Guru Geografi dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Online di SMA Negeri 3 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Georafi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetauan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Abdul Hamid. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan menjelaskan 1) apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan guru geografi pada pembelajaran online. 2) untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan pendidikan karaker pada pembelajaran online. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat nilai-nilai pendidikan karakter yang menjadi fokus guru geografi di masa pembelajaran online saat ini diantaranya Nilai Kejujuran, Nilai Kedisiplinan, Nilai Hormat dan Santun, serta Nilai Tanggung Jawab. Adapun upaya guru geografi dalam menanamkan nilainilai pendidikan karakter di SMA Negeri 3 Palu sudah baik sekali karena masing-masing guru sudah menerapkan ketiga perananan guru (sebagai pengajar, pendidik, dan pemimpin) dan telah disesuaikan dengan pembelajaran online saat ini. Berbagai upaya guru telah memperlihatkan keseriusan penanganan berbagai kendala dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di masa pembelajaran online. Berikut upaya secara umum yang diterapkan pada ke empat nilai-nilai pendidikan karakter 1) Pemberian saran dan motivasi serta pembinaan peserta didik untuk patuh pada aturan-aturan yang berlaku, 2) Reward dan punishmen, 3) Dilakukannya pendekatan pada peserta didik, 4) Guru menjadi teladan yang baik untuk peserta didiknya, dan 5) diterapkannya pembiasaan tata krama secara konsisten. Kata kunci: Pembelajaran Online, Pendidikan karakter, dan nilai-nilai karakter. |