JudulPeranan Guru Geografi Dalam Pembentukan Nilai-nilai Karakter Melalui Pembelajaran Daring Kelas XI IPS 2 Di MAN 1 Palu |
Nama: SITTI MAGFIRAH DJ. ALUY |
Tahun: 2021 |
Abstrak Sitti Magfirah DJ. Aluy (2021). Peranan Guru Geografi Dalam Pembentukan Nilai-nilai Karakter Melalui Pembelajaran Daring Kelas XI IPS 2 di MAN 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Abdul Hamid. Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Mendeskripsikan peranan guru geografi dalam pembentukan nilai-nilai karakter melalui pembelajaran daring kelas XI IPS 2 di MAN 1 Palu. 2. Mendeskripsikan faktor penghambat yang dihadapi guru geografi dalam pembentukan nilai-nilai karakter melalui pembelajaran daring kelas XI IPS 2 di MAN 1 Palu. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan persentase. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi dan siswa kelas XI IPS 2 di MAN 1 Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (koesioner), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase peranan guru geografi dalam pembentukan nilai-nilai karakter melalui pembelajaran daring adalah sebesar 87.23% yang berarti guru berperan dengan sangat baik sebagai motivator dalam pembentukan nilai-nilai karakter siswa kelas XI IPS 2 di MAN 1 Palu. Guru berperan dalam membimbing serta memotivasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga membentuk nilai-nilai karakter siswa, namun dalam pelaksanaannya terdapat faktor penghambat yang dihadapi guru geografi yaitu kurangnya perhatian orang tua siswa di rumah untuk membimbing anaknya melainkan hanya mengharapkan sepenuhnya kepada guru untuk membimbing siswa. Kata kunci : Peranan Guru, Nilai-nilai Karakter, Pembelajaran Daring. |