Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG KUALITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 MODEL PALU
Nama: NURUL FATINA N MAEL
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Nurul Fatina N. Mael, 2023. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Kualitas Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri 5 Model Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Zumrotin Nisa’, S.Pd., M.Pd. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan sekolah dalam menunjang kualitas pembelajaran geografi di SMA Negeri 5 Model Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala perpustakaan, pengelola perpustakaan, guru geografi dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif yang memiliki 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: standar pengelolaan perpustakaan sekolah di SMA Negeri 5 Model Palu dilihat dari keempat standar perpustakaan tersebut sudah dilakukan namun belum sepenuhnya mencapai standar perpustakaan nasional (SNP), termasuk sarana dan prasarana yang masih kurang serta koleksi-koleksi buku yang tidak mencukupi sesuai kapasitas siswa yang ada disekolah khususnya buku mata pelajaran geografi kelas X,XI dan XII IPS. Adapun pemafaatan dan fungsi perpustakaan belum berfungsi secara optimal dikarenakan kurangnya koleksi-koleksi buku yang dimiliki oleh perpustakaan khususnya pada mata pelajaran geografi, hal ini akan berdampak pada siswa disekolah sehingga berpengaruh pada kualitas pembelajaran siswa terutama dalam bidang studi geografi, mengenai sistem pelayanan perpustakaan di SMA Negeri 5 Model Palu sudah cukup baik. Kata kunci: Pengelolaan Perpustakaan, Kualitas Pembelajaran Geografi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up