JudulDAMPAK GAME ONLINE ( PERMAINAN INTERAKTIF ELEKTRONIK) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X IPS SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: NUR LAILA R, ABDULRAHMAN |
Tahun: 2020 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini yaitu dampak game online (permainan interaktif elektronik) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X IPS SMA Negeri 5 Palu Tujuan untuk mengetahuai bagaimana dampak positif dan negatif game online (permainan interaktif elektronik) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X IPS SMA 5 Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik wawancara terhadap siswa dan guru mata pelajaran.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 80% siswa kelas X IPS yang memainkan game online (permainan interaktif elektronik). 1). game online memiliki 2 dampak yaitu : dampak negatif adalah dapat mengganggu aktivitas belajar siswa,merusak mata, membuat lupa untuk belajar serta dapat merusak mata. Sedangkan dampak positifnya adalah menghilangkan stress, serta meningkatkan berbahasa inggris. Dan meningkatkan kecepatan mengetik 2). Aktivitas belajar siswa pengguna game online sangat terganggu karena game online mempunyai dampak negatif kepada siswa seperti terganggunya aktivitas belajar dan saat mata pelajaran dimulai siswa pengguna game online biasaanya bermain game online dan tidak tenang jika pelajaran dimulai sehingga menggagu aktivitas belajar siswa. |