Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMETASI METODE MENGAJAR GURU PADA MASA NEW NORMAL DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 6 KOTA PALU
Nama: NURILMIAH NA'MA
Tahun: 2023
Abstrak
iv ABSTRAK Nurilmiah Na’ma (2022). “Implementasi Metode Mengajar Guru pada Masa New Normal dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 6 Kota Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Abdul Hamid. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode mengajar guru pada masa new normal dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri 6 Kota Palu. Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi metode mengajar guru pada masa new normal dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri 6 Kota Palu. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian, menunjukan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran di masa new normal adalah sebagian besar siswa banyak yang merasakan bosan dan menjenuhkan, ketika pembelajaran daring dari rumah. Mereka lebih menyukai jika pembelajaran dilakukan lagi secara langsung di sekolah dengan harapan bisa menerima materi dengan baik dan bisa bermain bersama teman-temannya lagi. Karena pembelajaran tatap muka disekolah yang dilakukan di siswa sangat mempengaruhi seberapa jauh pemahaman materi pembelajaran dan hasil belajar siswa. 2) metode yang digunakan guru dalam mengajar lebih sering metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas ketika pembelajaran daring (online) atau belajar di rumah. Sementara pembelajaran tatap muka di sekolah pada masa new normal guru biasa menggunakan metode belajar kelompok (project based learning), metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan eksperimen. Dalam penilaian oleh guru terkait kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran dirumah sesungguhnya siswa lebih banyak waktu untuk mengikuti pembelajarannya dirumah mungkin waktunya lebih efisien kapanpun bisa dikerjakan tapi kalau disekolah waktunya terbatas 2 jam sampai 3 jam saja, Kelebihan pembelajaran tatap muka disekolah adanya motivasi dan gairah mengajar bagi guru secara langsung dan interaksi menyenangkan terhadap siswa. Sementara, kekurangannya seperti; guru waktunya semakin padat dan tenaganya agak terkurang, adanya kejenuhan bagi guru dan juga siswa itu sendiri. Kata Kunci : implementasi, metode, guru, new normal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up